Thursday, October 29, 2015

CONSULTANT FOR EXPERT MANAGEMENT PLAN


Logo_CI_Indonesia_Standard_Hresolusi

Job Description


Bekerja lebih di 30 negara, Conservation International Indonesia (CII) adalah sebuah organisasi nirlaba yang memiliki Visi agar dunia sehat dan sejahtera dimana masyarakat senantiasa berkomitmen untuk melestarikan dan menghargai alam guna memperoleh manfaat jangka panjang bagi manusia dan semua kehidupan di bumi. Kami membutuhkan:


CONSULTANT FOR EXPERT MANAGEMENT PLAN


Sustainable Landscapes Partnership (SLP), Global Development Alliance: APS-OAA-10-000001, adalah program berjangka waktu lima tahun yang dilaksanakan oleh Conservation International dan didanai bersama oleh United States Agency for International Development (USAID) dan Walton Family Foundation (WFF). Perjanjian Kerja Sama antara CI dan USAID dan WFF ditandatangani pada tanggal 21 Januari 2011 untuk jangka waktu lima tahun sampai dengan 20 Januari 2016.


SLP bekerja sama dengan pemerintah daerah dan sektor swasta sebagai mitranya dalam upaya konservasi alam dan peningkatan mata pencarian masyarakat Indonesia. Pemerintah, masyarakat, dunia usaha, dan LSM bekerja sama dengan dukungan dari SLP untuk menyusun dan menguji pendekatan-pendekatan berskala bentang alam yang inovatif dalam rangka penurunan emisi karbon, pelestarian daerah bernilai hayati tinggi, dan usaha mengatasi perubahan iklim. Bentang alam yang dimaksud meliputi DAS, kawasan lindung, hutan produksi, taman nasional, lahan pertanian, dan kota. Tujuannya adalah menciptakan jalur pembangunan berkelanjutan yang dapat menjamin ketersediaan pangan, air, dan mata pencaharian serta memempertimbangkan peran penting jangka panjang alam dalam kesejahteraan manusia.


Misi Program SLP adalah:
1. Menargetkan konservasi daerah berkeanekaragaman tinggi di bentang alam prioritas untuk menjamin keberagaman portofolio mitigasi risiko dan dampak yang tinggi;
2. Menurunkan dan/atau mencegah emisi CO2 serta mengamankan atau meningkatkan stok karbon bentang alam hutan dan rawa;
3. Berinvestasi pada proyek-proyek yang terbukti memberikan manfaat ekonomi yang jelas dan berkelanjutan kepada masyarakat desa.


Lokasi program SLP terfokus di 3 habitat penting Sumatera: KBA Batang Toru, KBA Batang Gadis dan KBA Angkola. KBA Batang Toru merupakan habitat berbagai species penting Sumatera dan juga sumber air bagi 1.100,000 penduduk di 5 kabupaten dan kota (DAS Batang Toru). Namun demikian, sejak tahun 2014, DAS Batang Toru merupakan salah satu DAS yang memiliki status DAS yang harus Dipulihkan. Tutupan hutan di DAS Batang Toru juga mengalami deforestasi dan degradasi. Berdasarkan hasil pengolahan data spasial lahan kritis SWP DAS Asahan Barumun, sekitar 36,78% DAS Batang Toru temasuk katagori kritis. Kerusakan hutan di DAS Batang Toru telah meningkatkan frekuensi banjir dan longsor di landskap ini.DAS Batang Toru yang memiliki luasan sekitar 320.000 ha dan melintasi 5 Kabupaten: Kab. Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Madina. DAS Batang Toru juga merupakan sumber air bagi berbagai Industri besar seperti PLTA, Geothermal dan Perkebunan.


Atas dasar tersebut BP DAS Asahan Barumun-KLHK dan Bappeda Provinsi Sumatera Utara, dan difasilitasi difasilitasi CI-SLP akan menyusun Rencana Strategis Pengelolaa DAS Tepadu Batang Toru. Oleh karenanya, SLP CI Indonesia membutuhkan Konsultan untuk menyusun Arahan Rencana Pengelolaan DAS Terpadu Batang Toru sebagai dasar pengelolaan DAS Batang Toru kedepan. SLP CI Indonesia bersama Bappeda Propinsi Sumatera Utara dan BP DAS Asahan Barumun telah memfasilitasi Forum DAS Batang Toru, sebagai forum lintas kabupaten.


A. Tujuan dan Tugas Konsultan
Konsultan membantu fasilitasi Tim SLP CI Indonesia, BP DAS Asahan Barumun, Bappeda Prop. Sumatera Utara dan Forum DAS Batang Toru dalam penyusun Rencana Strategis Pengelolaan DAS Tepadu Batang Toru. Capaian proses fasilitasi tersebut adalah adanya Rencana Strategis Pengelolaan DAS Terpadu Batang Toru yang disepakati oleh BP DAS Asahan Barumun, Bappeda Prop. Sumatera Utara, Forum DAS Batang Toru dan SLP CI Indonesia.


Tugas Utama Konsultan:
a) Mengumpulkan dan menganalisa data hydrology, social, ekonomi dan kebijakan yang terkait pengelolaan DAS Batang Toru;
b) Memfasilitasi FGD dengan para pemangku kepentingan di DAS Batang Toru;
c) Menyusun Rencana Strategis Pengelolaan DAS Tepadu Batang Toru;
d) Mempresentasikan Rencana Strategis Pengelolaan DAS Terpadu Batang Toru kepada BP DAS Asahan Barumun.


B. Masa Kontrak:
Periode kontrak konsultan adalah 1 November s/d 15 Desember 2015.


C. Kualifikasi
a) Memiliki pendidikan minimal S2 dibidang Hidrologi, Kehutanan, Pertanian, Geologi atau yang studi yang relevant.
b) Memiliki pengalaman paling sedikit 10 tahun dalam menyusun dan/atau melaksanakan Rencana Pengelolaan DAS Terpadu.
c) Dapat melakukan proses fasilitasi partisipatif bersama Pemerintah, swasta dan masyarakat.
d) Memiliki pengalaman 10 tahun dalam menulis laporan ilmiah dan presentasi tentang DAS.
e) Memiliki pengetahuan DAS Batang Toru lebih diutamakan.
f) Bersedia melakukan kunjungan lapangan.


Closing Date: 28 October 2015


How to Apply


Kirimkan resume dan surat lamaran (tidak lebih dari 4 halaman) ditujukan kepada:


ciindonesia.hrd@gmail.com




Isi pada bagian “subject” pada kolom bagian email dengan format:







Tanggal penutupan iklan: 28 Oktober 2015.


(Hanya kandidat yang memenuhi persyaratan yang akan diproses).


Untuk informasi lebih lanjut tentang CI, silahkan kunjungi web kami:


www.conservation.or.id / www.conservation.org


Job Categories: . Job Types: Consultant. .




0 comments:

Post a Comment